Jumat, 23 Oktober 2009

WAKTU _it's 'bout time

Ngomongin soal waktu..
Hmmm ngomongin masalah yang satu ni emang sedikit ribet..
Upsss.. bukannya kita harus berfikir lebih simple dlm hidup..
Tapi emang bener kok. Bayangin aja, kita harus punya keterampilan khusus buat ngatur masalah yang satu ini. Itu dia management waktu.
Management waktu dibuat biar waktu kita yang bener bener dibagi rata 24 jam per hari untuk setiap orang, bisa sama sama dipergunakan dengan maksimal. Ya terserah yang dihasilkannya itu apa.. kan kemampuan sseorang berbeda.

1. waktu itu relatif bagi semua orang.
Pada saat saat tertentu kita biasanya merasakan waktu cukup berjalan dengan lambat atau dengan cepet. Tergantung momen apa yang sedang kita lalui. Biasanya momen yang menyenangkan akan terasa lebih cepat daripada momen yang biasa biasa saja atau malah yang tidak kita sukai.
Pada setiap orang akan berbeda pastinya. Karena ya.. hal yang disukai orang dan tidak disukai kan berbeda..
Dari sini bisa diambil cara buat memaksimalkan fungsi waktu kita.
Lakukan hal hal yang kita sukai. Buat sesuatu yang kita sukai itu menjadi hal yang produktif.
Klo memang ada hal hal yang tidak kita sukai dan kita harus melakukannya, awali semua itu dengan hal hal yang kita sukai, atau bisa jadi selingan.
Jadi waktu terasa singkat tapi pekerjaan selesai.
2. waktu yang adil
kita semua punya waktu yang sama. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan waktu itu untuk jadi manusia yang berbeda. Untuk jadi manusia yang lebih baik dari yang lainnya. Atau untuk jadi manusia yang berguna bagi manusia yang lainnya.
3. Fokus.
Cukup penting juga kalau kita harus fokus dengan apa yang kita kerjakan. Jadi waktu yang kita gunakan juga benar benar efektif. Kita bayangkan jika kita menggunakan waktu 2 jam untuk membaca. Klo kita gak fokus, waktu 1 jam hanya bisa buat persiapan ini itu atau kesana kemari. Dan bobot hasil yang diperoleh juga berbeda.
4. evaluasi harian
sepertinya memang penting. Kita pertanyakan sebagai manusia apakah ada peningkatan produktivitas kita setiap hari. Bukannya manusia yang baik adalah jika hari ini dia lebih baik dari sebelumnya.
Bagaimana hari ini?
Apakah ada hal penting yang tak terlaksana?
Berapa banyak hal positiv yang dilakukan hari ini?
Itu bisa jadi indikator untuk menilai diri sendiri (yaah pastinya harus jujur)
5. sebenarnya tetap management waktu.
Intinya ya.. manajemen waktu. Kita harus bisa memprioritaskan mana yang lebih penting, dan harus segera dikerjakan. Lebih baik semuanya secara sistematis kan? Berurutan jadi rentang waktu penyelesaian tugas bisa rata terbagi.


Semoga kita bisa memaksimalkan waktu yang kita punyai.


(^_^)

0 comments:

Posting Komentar