Senin, 31 Agustus 2009

mahasiswa.

Ada yang istimewa dari kata Mahasiswa.
apa itu. pelajar dengan tingkatan paling tinggi. bukan hanya SMA kelas 4.
lantas apa perbedaannya?
seorang siswa berkewajiban untuk belajar. begitu juga mahasiswa. perbedaannyha terletak pada bagaimana mahasiswa itu aktif memperoleh ilmu itu dan mengaplikasikan keilmuaanya itu.
hanya seperti itu?
tidak. seorang mahasiswa harus mampu berfikir secara luas. luas maksudnya tidak hanya berfokus pada satu permasalahan dan berusaha menyelesaikannya dengan cara yang berbeda dari cara yang biasa digunakan oleh masyarakat.
seorang mahasiswa harus bisa keluar dari cara berfikir sederhana. untuk bisa menemukan solusi bagi permasalahan yang timbul. diharapkan dari pemikiran mahasiswa tersebut tidak akan menimbulkan masalah baru yang mungkin lebih kompleks.
tak terlepas dari pemecahan masalah, mahasiswa yang dianggap dan memang menyandang status agent of change harus benar benar bisa menjadi sebuah agent perubahan di masyarakat.
lalu bagaimana kita terjun kemasyarakat kita yang sangat beraneka ragam itu. semntara kita, sebagai mahasiswa terbiasa bergelut di sekitar area kampus yang lumayan homogen sifat sifatnya.
mengenal masyarakat yang heterogen haruslah memiliki kemampuan sosialisasi dan komunikasi yang mencukupi. kita sebagai mahasiswa bisa memperoleh kemampuan itu dari berorganisasi. baik organisasi intra kampus maupun ekstra kampus.
dengan memenuhi kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi sebagai bahan untuk mengaplikasikan ilmu kita akan lengkaplah kita sebagai mahasiswa sejati

0 comments:

Posting Komentar